Menggunakan Jaringan Komputer dan Internat

Menggunakan Jaringan Komputer dan Internet

 

 

Internet dan Jaringan Komputer

Mengenal Internet

Berdasarkan The American Heritage Dictionary, internet adalah suatu sistem jaringan terinterkoneksi yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia melalui protokol TCP/IP. Internet berasal dari kata interconnected-networking yang artinya jaringan komputer yang saling terkoneksi. Apabila disimpulkan, internet adalah kumpulan komputer yang terhubung satu sama lain dalam suatu jaringan yang sangat besar.


Sejarah dan Perkembangan Internet

Pada tahun 1957, Uni Soviet meluncurkan satelit pertama, yaitu Sputnik 1. Hal ini menimbulkan kekhawatiran Amerika Serikat akan terjadinya perang nuklir.

Pada Agustus 1962, Joseph C. R. Licklider mengembangkan konsep jaringan komputer ‘Galactic Network’, yaitu suatu visi untuk menghubungkan komputer-komputer yang ada secara global dan setiap komputer dapat saling mengakses data dan program dari lokasi mana pun.

Pada Oktober 1962, suatu lembaga riset ARPA (Advanced Research Projects Agency) dibentuk di bawah pengendalian dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang berkerja sama dengan beberapa universitas terkemuka di Amerika Serikat dengan ketua program pertama Joseph C. R. Licklider.

Pada tahun 1965, dengan bantuan dana dari ARPA, Larry Robert dan Thomas Marill mencoba membuat koneksi Wide Area Network yang pertama.

Pada tahun 1966, Bob Taylor dari ARPA berhasil menghimpun bantuan dana dari beberapa universitas di Amerika Serikat untuk melakukan percobaan membuat jaringan yang menghubungkan komputer-komputer dari sejumlah universitas yang mendanai percobaan tersebut.

Pada Juni 1970, beberapa universitas dan lembaga, seperti MIT, Harvard, Bolt Beranek and Newman (BBN), dan Systems Development Corp (SDC) di Santa Monica, ikut bergabung.

Pada tahun 1971, The Network Working Group menyelesaikan protokol Telnet yang digunakan untuk mengakses sebuah computer dari jarak jauh.

Pada tahun 1972, Ray Tomlinson dari BBN, perusahaan kontraktor dari ARPANET menulis program yang dapat mengirimkan surat secara elektronik melalui ARPANET.

 

Pada tahun 1986, internet digunakan secara terbuka untuk umum.

 

Pada tahun 1989, jumlah jaringan yang tergabung ke internet berkembang dengan pesat.

 

Pada tahun, 1990, ARPANET resmi ditutup dan digantikan dengan NSFNET yang menggunakan kabel T3 dengan kecepatan yang lebih memadai.

Pada tahun 1993, dikembangkan aplikasi untuk browsing yang disebut Mosaic oleh Marc Andreessen Bersama timnya di National Center for Supercomputing Applications (NCSA).

Pada tahun 2004, jumlah pengguna internet di Indonesia telah mencapai 4,2 juta orang dan diperkirakan pada tahun 2005 jumlah pengguna di Indonesia akan mencapai 5 juta orang. Kenyataannya jumlah pengguna internet pada tahun 2005 lebih besar daripada yang diperkirakan. Saat ini, menurut data yang dikeluarkan oleh Internet World Statistic per tanggal 30 Juni 2019, jumlah pengguna internet di Indonesia telah mencapai 143 juta orang.

 

Jaringan Komputer

Kumpulan komputer-komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya disebut Jaringan komputer. Dalam jaringan komputer, terdapat komputer server dan beberapa komputer klien. Sesuai dengan namanya, komputer server berfungsi untuk melayani pengiriman dan penerimaan data dari komputer-komputer yang ada di dalam jaringan. Adapun komputer klien adalah komputer yang menerima pelayanan.

 

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari adanya jaringan computer, di antaranya sebagai berikut.

a. Membagi sumber daya

b. Reliabilitas tinggi

c. Menghemat uang

d. Sebagai sarana komunikasi

 

Jika dilihat dari luas area yang dicakup oleh jaringan, jaringan computer dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, di antaranya sebagai berikut.

a. Local Area Network (LAN)

b. Metropolitan Area Network (MAN)

c. Wide Area Network (WAN)

d. Internet
e. Intranet

 

Berbagai Aplikasi dan Layanan Internet

Berbagai Jenis Aplikasi Internet

a. Discussion Board dan Newsgroup

Aplikasi internet yang digunakan pengguna untuk berkomunikasi dengan pengguna              lainnya dalam sebuah forum.

b. World Wide Web

Aplikasi yang digunakan untuk menyimpan infromasi dalam bentuk dokumen-dokumen yang disebut halaman web.

c. Electronic Mail (Email) dan Mailing List

Email atau surat elektronik adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat-menyurat dalam bentuk elektronik.

Mailing list atau sering disebut juga milis adalah aplikasi internet yang merupakan kumpulan email yang bergabung dalam suatu grup.

d. Weblog

Weblog atau lebih popular dengan sebutan blog merupakan bentuk lain dari halaman web.

e. Jejaring Sosial dan Media Sosial

Jejaring sosial (social network) adalah aplikasi internet yang memungkinkan pengguna dapat saling terkoneksi, berinteraksi, dan saling membagikan informasi.

Media sosial adalah aplikasi internet yang digunakan untuk menyebarkan infromasi.

f. Cloud Storage

Ruang penyimpanan di internet yang dapat digunakan oleh pengguna untuk menyimpan file-file miliknya.

g. Aplikasi Berbasis Cloud

    Aplikasi yang ditempatkan di internet dan dapat diakses melalui browser.

h. Mesin Pencari

    Program yang digunakan sebagai alat bantu untuk mencari informasi di internet.

 

Mesin Pencari Google dan Layanan Google Lainnya

a. Faktor Penentu Hasil Pencarian

b. Organisasi Informasi pada Mesin Pencari Google

c. Menggunakan Mesin Pencari Google

d. Google Terjemahan

 

Komunikasi dan Keamanan Data

Komunikasi Data

Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data dari dua komputer yang terhubung dalam suatu jaringan, baik jaringan local (LAN) maupun jaringan yang lebih luas seperti MAN, WAN, maupun internet.

 

Protokol adalah aturan-aturan yang membuat dua komputer saling mengerti satu dengan yang lain

 

Empat lapis kumpulan protokol (layer)

a. Application Layer

b. Transport Layer

c. Internet Layer

d. Network Interface layer

 

Keamanan Data

Hacking adalah usaha memasuki secara illegal suatu jaringan dengan maksud mecuri file, data, dan sebagainya. Pelakunya disebut hacker.

 

Cracking adalah usaha memasuki secara illegal suatu jaringan dengan maksud menghancurkan file atau data yang disimpan di komputer-komputer yang ada di jaringan tersebut. Pelakunya disebut cracker.

 

Beberapa teknik pencurian yang sering dilakukan adalah sebagai berikut.

a. Eavesdropping

tindakan melakukan intersepsi secara real time yang tidak diotorisasi terhadap komunikasi pribadi, seperti telepon, pesan instan, video conference, atau email, dan sebagainya.

b. Snooping

Tindakan mengakses data orang lain tanpa otoritas seperti halnya eavesdropping. Namun berbeda dengan eavesdropping, snooping tidak terbatas pada usaha mengakses data pada saat data tersebut dikirimkan.

c. Spoofing

Tindakan menyusup ke jaringan di internet dengan cara memalsukan IP Address, kemudian melakukan serangan ke jaringan yang berhasil disusupi tersebut.

d. Email Spoofing

Teknik penipuan yang dilakukan dengan cara memalsukan email header sehingga seolah-olah email tersebut berasal dari seseorang dan bukan dating dari pengirim sebenarnya.

e. Phishing

Teknik penipuan untuk mendapatkan data penting korban dengan cara menggunakan halaman web palsu dan mengarahkan korban agar memasukkan data pentingnya di halaman web palsu tersebut.

f. Pharming

Bentuk lain dari phishing. Seperti halnya phishing, pharming dilakukan dengan cara mengarahkan calon korban ke halaman web palsu agar calon korban memberikan data pentingnya di halaman web palsu tersebut. Perbedaannyan dengan phishing adalah bagaimana cara membawa calon korban ke halaman web palsu tersebut.

g. Cookies

Cookies berguna jika suatu saat pengguna tersebut mengunjungi halaman web yang bersangkutan, pengguna tidak perlu memasukkan data seperti userid dan password untuk login ke halaman web tersebut.

h. Spyware

   Program mencurigakan yang diinstall secara diam-diam melalui web.

i. Adware

Memata-matai aktivitas online, misalnya belanja online, dari korbannya, kemudian menampilkan iklan-iklan yang dianggap cocok untuk korban tersebut.

j. Browser Hijackers

Mengubah peraturan browser seperti pengaturan homepage (halaman web yang ditampilkan di browser pada saat browser dijalankan) dengan halaman web yang diinginkan pembajak.

 

Teknologi Keamanan Data

Beberapa teknologi pengaman data
a. Firewall

Perangkat yang digunakan untuk membentengi suatu jaringan komputer dari jaringan internet.

b. Enkripsi

    Proses menyamarkan sebuah data atau pesan sehingga jika pesan atau data jatuh kepada orang yang tidak berhak, data tersebut tidak dapat dimengerti.




STRONG!: Teori Jaringan Komputer [ LAN MAN WAN dan INTERNET ] 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Jawaban Latihan Evaluasi Bab 1 BTIK

Latihan Akhir Bab 3

Latihan Akhir Bab 2